Langsung ke konten utama

[MPPL] Tugas 1

KAKAO-TALK

Deskripsi Singkat


KakaoTalk dirilis pertama kali pada 18 Maret 2010 oleh Kakao Inc. Pada awalnya, KakaoTalk dibuat untuk pengguna Android dan sistem operasi iOS, yang berarti KakaoTalk bisa digunakan pada iPhone, iPad, maupun iPod Touch. Lebih dari satu tahun kemudian, versi beta KakaoTalk untuk BlackBerry dirilis pada 11 Agustus 2011.

Kisah KakaoTalk berawal ketika dua orang bernama JB Lee dan Brian Kim bertemu, mereka mendirikan IWILAB pada 2006 untuk mengerjakan proyek web 2.0 meski kurang begitu sukses, akhirnya mereka fokus pada aplikasi mobile yang pada waktu itu smartphone pertama mulai diperkenalkan di Korea pada 2009. Pada akhirnya mereka berhasil membuat suatu tim yang  mampu membuat KakaoTalk besar seperti sekarang ini.


Pada 28 Juli 2011, hanya 16 bulan setelah diluncurkan, KakaoTalk telah memiliki total 20 juta pengguna, dengan perkiraan 16 juta hingga 17 juta orang menggunakan aplikasi ini setiap harinya. 6 bulan kemudian, tepatnya pada Januari 2012, KakaoTalk telah memiliki total 30 juta pengguna, dengan 1 miliar pesan dikirimkan setiap harinya.

Saat ini, statistika terakhir pengguna KakaoTalk meningkat pesat. Pada konferensi press terakhir yang diadakan KakaoTalk untuk pemberitahuan pendapatan quarter ke-4 2018 (4Q18) pada tanggal 14 Februari 2019, jumlah pengguna lokal yang aktif dari KakaoTalk mencapai 43 juta sedangkan pengguna aktif KakaoTalk secara global mencapai 50 juta.

Creator


KakaoTalk sendiri dikembangkan oleh Kakao Inc. , sebuah perusahaan Internet yang berbasis di Korea Selatan. Pendiri dari Kakao Inc. adalah Kim-Bum Soo atau biasa dipanggil Brian Kim. Bersama dengan JB Lee, Kim-Bum Soo memutuskan untuk membuat IWILAB pada 2006 dan ketika smartphone pertama masuk ke Korea Selatan pada 2009, mereka mulai melihat adanya potensi yang berkembang di bagian mobile. 

Lalu, diluncurkanlah aplikasi messenger mobile mereka, KakaoTalk, pada tahun 2010 dan mendapatkan perhatian yang cukup besar di Korea Selatan.
Dibantu oleh Lee Hae-Jin, pendiri Naver sekaligus teman dari Kim-Bum Soo saat masih bekerja di Samsung, Young Lee yang dulu bekerja di NHN, Dean Song yang pernah bekerja di CJ Internet, KakaoTalk berkembang dengan sangat pesat dalam 3 bulan pertama.


Saat ini, crew yang bergerak di Kakao Inc. sudah berkembang menjadi 7.575 pegawai di seluruh cabang KakaoTalk.

Budget & Time

Tidak disebutkan secara pasti berapa modal awal pembuatan KakaoTalk. Hanya ada isu bahwa selama 3 tahun pertama berdirinya Kakao Inc. , pemasukan ditanggung oleh Kim-Bum Soo. 
Untuk pengeluaran di tahun 2018, diumumkan pada konferensi pers yang diadakan 14 Februari 2019. KakaoTalk menyampaikan bahwa biaya operasional pada akhir tahun 2018 mencapai 2,343,747 (in million KRW) sedangkan untuk pemasukan, KakaoTalk menerima pemasukan sebanyak 2,416,701 (in million KRW) pada akhir tahun 2018. 

Proses pengerjaan KakaoTalk sendiri tidak disebutkan pastinya berapa lama, namun Kim-Bum Soo mendapatkan ide untuk melakukan gebrakan baru di bidang mobile pada tahun 2009, yaitu ketika smartphone pertama marak di Korea Selatan.

Programming Language

KakaoTalk telah menyediakan platform API yang dapat digunakan oleh developer. Platform saat ini dapat digunakan pada iOS, Android, REST dan Javascript. Platform API yang disediakan meliputi User Management, Push Alarm, App log Analytics, Search, Speech, Map/Local, Vision, Translation, Friend.
Kakao Service API yang disediakan adalah KakaoNavi, KakaoPay, KakaoTalk, KakaoLink, KakaoStory, PlusFriend, KakaoMoment.

Terima kasih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS MPPL 2019

Jawaban ETS MPPL 2019 KAK/TOR KAK Pelayanan Keluhan Perangkat TI from nadarosadi Ruang lingkup proyek :  Aplikasi hanya dapat digunakan oleh auditor inspektorat yang menggunakan perangkat TI dan satuan kerja Biro TI Aplikasi hanya dapat dilakukan pada jaringan lokal inspektorat Aplikasi dapat melakukan back up dalam jangka waktu tertentu Aplikasi terhubung dengan database inspektorat Proses-proses dalam manajemen proyek: Perencanaan dan Persiapan Pelaksanaan Kerja Analisis Dan Evaluasi Terhadap Struktur, Proses Bisnis dan Instrumen Pengajuan Tugas Akhir/Skripsi Perancangan Sistem   Pembangunan Sistem   Uji Coba Operasional   Pelatihan bagi Para Calon Pengguna Sistem Penyusunan Dokumentasi Sistem Keuntungan : Mempermudah perekaman segala keluhan dan kendala yang terjadi pada perangkat TI inspektorat Menyimpan data perangkat TI yang terdaftar di Inspektorat Mempermudah pengembangan dan pengelolaan data perangkat TI yang terdaftar pada inspektorat Fitur